Rabu, 12 Oktober 2016

Ini cara Efektif Push dan Promote Push Bukalapak

Halo Sobat!

Kali ini newbie mau menjelaskan cara efektif push dan push keyword di Bukalapak.
Oh iya sebelum lebih jauh, ini diperuntukan bagi yang sudah berjualan di bukalapak ya.



Kali ini mari kita telaah dulu apa itu push dan push keyword? Semacam hadiah kah atau apa?
Push dan push keyword adalah cara kita beriklan di bukalapak.




Push : fitur push pada Bukalapak digunakan untuk mempromosikan barang sehingga berada di posisi pertama di halaman daftar barang ataupun berdasarkan pencarian by relevansi.

Promote Push : Fitur untuk mempromosikan barang yang pas dengan keyword barang kamu. Bisa lebih tertarget ya.

Lalu kalau iklan berarti mengeluarkan uang? Ya iya dunk.
Berarti mahal dunk? Iklan bukan mahal atau murah tapi efektif atau tidak. Kalau efektif ya murah kalau tidak efektif ya mahal.

Tidak bisa dipungkiri sekarang di Bukalapak, penjual dan produk nya semakin banyak. Sudah ada 1 juta pelapak (istilah penjual di bukalapak) dan 20juta produk yang mejeng (baik yang aktif dan tidak aktif). Jadi kebayang persaingannya seperti apa ya.

Tapi jangan khawatir ternyata pengunjung bukalapak sudah 3.000.000 orang per hari. Kesempatan produk kita dikenal oleh masyarakat semakin cepat.

Nah ibaratnya kalau ingin dikenal orang secara instan biasanya harus di promosikan, dan dibukalapak ini memakai fitur push dan promote push.

Efektif manakah Push atau Promote Push ?


Keunggulan Push :
1. Bisa mejeng di halaman pertama di kategori barang kita.
2. Mejeng di halaman pertama berarti kemungkinan orang berbelanja lebih besar.

Kelemahan Push :
1. Harus dilakukan manual.
2. Supaya efektif kamu harus memiliki data pengunjung bukalapak di jam-jam padat pengunjung.
3. Untuk di kategori yang banyak penjualnya, persaingan nya terasa banget (baru push di cek 15 menit kemudian sudah di halaman ke 2 atau 3).
4. Harus rajin cek apakah produknya ada di 4 halaman awal



Keunggulan Promote Push
1. Bisa mejeng di keyword yang relevansi sama judul
2. Ada kemungkinan dilihat lebih sering, apalagi yang suka search langsung
3. Tidak perlu tekan push tiap jam karena sudah di set per hari
4. Bisa mendapatkan data jam-jam efektif orang berkunjung di bukalapak

Kelemaham Promote Push
1. Belum ada data keyword yang efektif
2. Budget harus lumayan besar jika mau efektif

Nah sobat lebih efektif mana? Kalau beriklan itu jangan dianggap sebagai beban, anggaplah sebagai investasi. Coba kalau sobat buka tempat makan/toko offline berapa besar budget supaya dikenal lingkungan sekitar atau dikenal di kotanya. Budgetnya lumayan besar loh, dari biaya bikin flyer, pasang di radio, atau surat kabar.

Cara Efektif penggunaan Push :
1. Cari tanggal muda atau tanggal akhir bulan
2. Push berdasarkan jam yang sesuai karakter barang yang dijual
misal : target ibu-ibu
karena ibu-ibu waktu pagi-pagi harus melakukan pekerjaan rumah tangga berarti waktu kosong ibu-ibu adalah .... (kamu lebih tau apa yang dimaksud)
3, Foto produk menarik dan bisa diinget orang
4. Jika ingin mencoba experimen silahkan push 4 produk per kategori per jam untuk mendapatkan DATA.
5. Targetkan jumlah view (yang lihat) nya bertambah. View bertambah kemungkinan pengunjung membeli lebih besar.

Cara Efektif Promote Push :
1. Budgetkan besar untuk mendapatkan data.
2. Siapkan foto terbaik dan promo paling yahud.
3. Bikin judul yang menarik

Kalau di bukalapak, budgetnya murah kok untuk Push mulai dari Rp. 25.000 dan Promote Push mulai dari Rp. 10.000.

Nah ada prinsip ekonomi untuk pedagang/penjual :
Yaitu prinsip ekonomi yang melakukan berbagai macam usaha untuk dapat memenuhi selera dari kosumen, tentunya dengan promosi atau dengan berbagai macam iklan, reward hadiah, dan lain sebagainya untuk meraup banyak keuntungan dari kegiatan tersebut.

Yang bikin tidak efektif :
1. Rasa malas
2. Tidak mau mengulik data
3. Pengen terima jadi tidak mau terlibat
4. Merasa tidak efektif

Tugas kita :
1. Membuat data Iklan
2. Amati data tersebut
3. Bikin budget iklan
4. Bikin target dan di split (jangan target ke sales tapi yang berhubungan dengan data)

Oke sobat, cukup sekian pembahasan dari saya. Kalau ada yang mau ditanyakan langsung aja komen dibawah.

Semoga laris jualannya ya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Nice info Om Erju

karel setyvani mengatakan...

Sangat bermanfaat infonya om, thanks