Senin, 11 Februari 2019

Hitung Efektifitas Biaya Iklan TopAds Tokopedia


Kadang iklan menjadi sesuatu yang menakutkan karena mahal dan belum tentu efektif. Kalau kamu masih merasa ada pikiran seperti itu mulai dari sekarang hilangkan jauh-jauh. Mindset pasang iklan adalah investasi jangka panjang alias efektif nya bukan sekarang tapi nanti.

Kali ini saya mau membahas iklan TopAds di Tokopedia.
Menurut saya iklan di tokopedia ini masih kehitung murah ya dibanding pasang di google ads atau FB ads si. Kamu dengan budget 100rb per hari jg udah lumayan ternyata.

Cara efektif nya kamu coba pasang dulu semua catalog dengan iklan. Pasang bidding nya di 300 per klik kalau belum ngaruh, pengaruh disini adalah kenaikan view dan klik bukan clossing. Kita perbesar dulu Aweranes nya untuk dapetin Interest kalau udah baru dapetin Desicion bonus nya Action alias dia klik iklan nya lalu clossing.

Saran ingin cepat clossing jual barang yang unik dan bermanfaat, kalau jualan bahan pokok mungkin akan punya konversi kecil karena barang nya banyak dipasaran. Jual produk handmade yang lihat banyak clossing sedikit, bisa tiap hari clossing kalau pembeli nya adalah reseller alias penjual lagi.

Cek produk kaka masuk kategori mana apakah kebutuhan Primer, kebutuhan Sekunder, atau Tersier.

Kebutuhan Primer ya kalau ini tiap hari dibutuhkan seperti makanan pokok

Kebutuhan Sekunder ini pakaian (kenapa ga di masukin ke primer? karena ga tiap hari beli baju kan?)

Kebutuhan Tersier seperti mobil

Kenapa kita harus tau ini? Karena nanti kita akan menentukan pasang iklan yang gimana untuk topads. Kalau mau kemungkinan clossing tinggi bidding tinggi dengan budget juga tinggi, bisa kesempatan muncul di halaman pertama dengan lebih sering.

Selalu dilihat tingkat conversi berapa persen dari dilihat jadi klik, kalau produk tersebut adalah best seller dan bikin clossing cepat, jangan ragu-ragu menaikan harga bidding, nanti pantau terus kalau mulai tidak ramai turunkan kembali.

Di halaman TopAds selalu amati :
1. Tampil
2. Jumlah Klik
3. Tingkat Conversi
4. Lalu terjual

Contoh tampil 100 klik 10 tingkat conversi 10% terjual 1, berarti kalau terjual mau 2 tambahkan tampil 200 klik 20 tingkat conversi 10% jadi 2pcs.

Kalau dari 1000 tampil tidak clossing-clossing segera perbaiki deskripsi produk kamu.

Nah teman-teman mudah-mudahan bisa kasih gambaran dikit ya tentang hitung efektif biaya iklan topads nya. Yuk sharing

Tidak ada komentar: