Rabu, 19 Maret 2008

Panel Beton Styrofoam Ringan Untuk Dinding

Panel beton Styrofoam ringan dibuat dari campuran air, semen, pasir dan Styrofoam atau yang dikenal dengan gabus putih yang banyak digunakan untuk bahan pengganjal pada pengepakkan barang-barang elektronik. Mengingat bahan Styrofoam yang ringan dengan berat satuan hanya 15 kg/m3, beton yang dibuat dengan bahan ini berat jenisnya dapat dibuat sampai hanya sebesar 400 kg/m3 yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan beton normal dengan berat jenis 2400 kg/m3.

Dengan kecilnya berat jenis ini ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh diantaranya lebih mudah dalam hal pengangkutan dan pemasangan, mengurangi berat sendiri bangunan sehingga dapat menghemat biaya struktur pemikul beban seperti fondasi, kolom, dan balok serta cocok untuk digunakan pada daerah tanah lunak dan daerah rawan gempa terutama untuk bangunan-bangunan tinggi.

Disamping itu pada saat ini kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh penggalian tanah persawahan untuk bahan batu bata sudah sangat serius. Akibat buruk jangka panjang yang dikhawatirkan adalah berkurangnya lahan subur untuk persawahan yang dapat menurunkan produksi beras. Untuk itu beton Styrofoam ringan ini dapat juga digunakan sebagai alternatif pengganti batu bata untuk mengurangi kerusakan tanah persawahan yang subur.

Bersumber : http://www.lenn-biz.com/?q=node/49

Referensi : b-panel

Tidak ada komentar: