Senin, 08 September 2008

Yang Harus Dihindari Saat Negosiasi Gaji

Ketika tiba saatnya bernegosiasi gaji dengan pewawancara, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari, agar proses lamaran Anda berjalan mulus. 

- Meminta sejumlah gaji tanpa mengetahui standar gaji perusahaan yang dilamar. Karena angka yang disebutkan bisa saja kebesaran atau malah kekecilan. 

- "Buta" terhadap nilai Anda. Agar tidak kejeblos, ketahuilah kualitas Anda sebelum menentukan harga yang pas untuk Ada. 

- Image tak sesuai dengan gaji yang diminta. Anda meminta gaji besar tapi penampilan Anda tidak menunjukkan sebagai sosok profesional, mana mereka percaya? Pasti mereka akan meragukan kemampuan Anda. 

- Menyerahkan keputusan gaji pada perusahaan. Keputusan seputar jumlah gaji merupakan kesepakatan kedua belah pihak. Hindari kata-kata pasrah seperti, “Yah, saya sih terserah Bapak/Ibu saja.”

- Negoisasi lewat telepon. Jika perusahaan menghubungi Anda untuk bernegoisasi gaji, katakan bahwa Anda ingin bicara face to face, agar tidak terjadi kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi di telepon. 

- Saat bernegoisasi gaji mengatakan, ”Saya meminta...” Sebaiknya, katakan, “Saya mengharapkan...” 

- Tidak mengucapkan terima kasih. Seharusnya berapa pun jumlahnya, ucapkan terima kasih atas tawaran yang diajukan.


Ika Nurul Syifaa 

Tidak ada komentar: