Kamis, 12 Januari 2017

Perbedaan Outbound dan Inbound Marketing, Mana yang lebih efektif ya?


Perbedaan Outbound dan Inbound

Outbound marketing atau pemasaran tradisional memiliki kelemahan yang sangat besar. Seorang pemasar “mengganggu” aktivitas calon konsumen dengan iklan, email, bahkan telepon tanpa memperhatikan kenyamanan mereka.
Outbound marketing

Teknik pemasaran outbound dilakukan dengan menjangkau calon konsumen keluar (outbound). Beberapa media yang populer di antaranya yaitu iklan, surat, email, dan telepon.

Ada 3 kelemahan besar dalam outbound marketing:
Pertama, kita secara buta mengincar semua orang bahkan yang belum siap menjadi konsumen.

Kedua, tidak sedikit orang yang merasa terganggu dengan prosesnya sehingga justru bisa berakibat buruk.

Ketiga, menggunakan media pemasaran tadi membutuhkan biaya yang sangat besar.
Inbound marketing

Teknik ‘pemasaran masuk’ ini 180 derajat berlawanan dengan yang tradisional.

Daripada menjangkau ke luar, teknik inbound justru memancing agar calon konsumen dengan senang hati “masuk”.

Mari kita lihat pengertiannya:

Inbound marketing adalah strategi pemasaran modern dimana kita berupaya agar calon konsumen lah yang tertarik ingin mencari kita. Ini dilakukan dengan cara menyediakan konten-konten yang mampu menarik perhatian dan mendorong mereka untuk menjadi customer.

Inbound marketing berfokus untuk menyediakan konten berkualitas yang bermanfaat bagi calon konsumen.

Dengan menyediakan konten, calon konsumen akan tertarik atas manfaatnya. Proses ini terjadi secara alami tanpa mengganggu aktivitas. Pada akhirnya orang-orang ini memiliki kemungkinan yang sangat tinggi untuk menjadi konsumen tetap.

Inbound marketing sejalan dengan teknologi di era digital karena bisa dilakukan dengan memanfaatkan sarana dan teknik seperti Blog, Sosial Media, Search Engine Marketing, Content Marketing, Email Marketing, dan lain-lain.

Belum lagi melihat kebiasaan konsumen masa kini yang memanfaatkan internet dan mesin pencari untuk mendapatkan informasi. Inilah penyebab inbound marketing menjadi sangat populer.

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, teknik ini lebih efektif, terukur, dan hemat biaya.

Nah pilih yang mana ya?

Sumber : panduanim

Tidak ada komentar: